Rabu, 30 Januari 2013

Kasus Suap Impor Daging Sapi..... Badai Dahsyat Buat PKS





Kasus Suap Impor Daging Sapi
Badai Dahsyat Buat PKS

Oleh : M Alinapiah Simbolon


Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishak telah ditetapkan sebagai tersangka kasus Suap Impor Daging Sapi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah KPK menangkap tangan dan memeriksa orang dekat Luthfi Hasan Ishak bernamaAhmad Fathonan bersama dua pengusaha dari PT Indoguna Utama yaitu Juard Effend dan  Arby Arya Effendi serta satu orang wanita muda yang berstatus mahasiswi bernama Maharani.  Barang bukti Rp 1 miliar sudah disita. Dan tak lama setelah ditetapkan sebagai tersangka politikus DPR RI itu langsung diciduk dan ditangkap dari Kantor DPP PKS, dan selanjutnya digelandang plus dijebloskan di tahanan KPK.  

Kerlibatan Lufti Hasan Ishak dalah sebuah pukulan berat bagi Partai Keadilan Sejahtera. Tak pelak pula hal itu menjadi sebuah  kejutan dengan frekwensi tingkat tinggi buat pengurus dan kader PKS.  Seluruh jajaran pimpinan partai yang ber platform Islam tersebut, dipastikan tak berkutik, mendapat dan menerima aib yang justru dibuat sendiri oleh orang nomor satu di partai itu. Buat PKS. Ini ibarat hantaman badai dahsyat sedahsyat badai tsunami, yang dengan sekejap menghancurkan sendi-sendi moral dan image positif partai yang sudah terbangun cukup lama. Yang pasti  dalam sekejap pula  akan terbangun image buruk terhadap partai tersebut sampai ke tingkat basis.

Lebih ironis, landasan dan prinsip partai yang berorientasi kuat pada ajaran agama Islam itu pun seakan tercabik-cabik, akibat ulah sang bos besar partai tersebut.  Nama baik PKS pun tak bisa dipungkiri bakal runtuh seruntuh-runtuhnya hanya karena perbuatan korup satu orang oknum bernama Luthfi Hasan Ishak.
Kalau sebuah partai politik mengalami degradasi karena kesalahan partai atau oknum-oknum partai, tentunya yang malu dan menerima konsekwensinya adalah partai itu sendiri dan oknum partai yang bersangkutan. Namun kalau yang mengalaminya adalah partai yang berlabel Islam seperti yang dialami PKS, tentu biasnya bukan hanya konsekwensi  malu dan kehancuran PKS, tapi juga memunculnya rasa malu terutama dari kalangan Islam diluar internal PKS. 

PKS yang selama ini merupakan salah satu partai politik yang masuk perhitungan dalam konstelasi  politik nasional dan terkenal militansinya serta kerap memperjuangkan aspirasi ummat Islam, ternyata dianggap tak mampu menjaga eksistensi dan nama baiknya sebagai parpol yang berlabel Islam. Cap sebagai partai yang selama ini dianggap relatif bersih, langsung meluntur  dan cap tersebut berubah salam sekejap seperti membalikkan telapak tangan. 

Memang bukan hanya PKS saja partai Islam yang mengalami badai seperti ini. Namun PKS yang masih dianggap lebih Islami dan lebih militan memperjuangkan aspirasi Islam dibanding parpol Islam lainnya, maka secara moral, nilai buruk dan nilai malunya pun jadi lebih terasa dan dirasakan termasuk oleh kalangan Islam non partisan. Kalau PKS berdalih  itu adalah perbuatan oknum, juga tak akan bisa menghadang terpuruknya elektabilitas partai, karena perbuatan tersebut telah menjadi najis berat yang proses penyuciannya tidak hanya sekedar di samak saja. 

Terkuaknya Kasus Suap Impor Daging Sapi, yang melibatkan politikus DPR RI yang juga pimpinan tertinggi PKS itu, menyebabkan pintu menjadi sangat terbuka menuju kehancuran PKS, dan pintu itu telah dibuka oleh pimpinan tertinggi PKS sendiri . Ummat Islam yang mayoritas menjadi penghuni negeri ini tentu tidak tak habis pikir menyikapi terjadi kasus yang menjadi badai dahsyat menghantam partai yang dikenal  banyak dihuni para ustadz tersebut. Mampukah PKS mempertahankan imagenya sebagai partai Islam, pasca kasus korup yang sedang menerpa partai itu ? 

Yang pasti  kepercayaan  dan respons publik khususnya publik Islam republik ini kepada PKS, drastis mengalami penurunan. Dipastikan pula yang akan terjadi adalah perubahan sikap terhadap PKS. Rasa simpati jadi antipati , dan penilaian positif jadi penilaian negatif . Label sebagai partai munafik pun bakal melekat pada PKS. (***)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Running Teks ANTARA


Berita Terkini dari ANTARA