Selasa, 05 November 2013

Menduga Adanya Aroma “ Perselingkuhan” Antara Bunda Putri dan SBY

Menduga Adanya Aroma “ Perselingkuhan” 
Antara Bunda Putri dan SBY

Oleh : M Alinapiah Simbolon


Pemberitaan dan hiruk pikuk terkait Bunda Putri yang punya hubungan sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sebagaimana dilontarkan oleh Mantan Presiden PKS Lufti Hasan Ishak (LHI), kini sudah senyap. Siapa sebenarnya Bunda Putri belum jelas terjawab. Adanya hubungan sangat dekat Bunda Putri dan SBY yang ditudingkan LHI tetap menjadi aroma tak sedap dan tetap diselebungi oleh ketidakjelasan.
“Bunda Putri adalah orang yang sangat dekat dengan SBY, dan Bunda Putri sangat tahu informasi mengenai kebijakan resuufle cabinet”> Itulah ungkapan yang dilontarkan LHI, terdakwa Kasus Dugaan Suap Kuota Daging Sapi Impor, yang juga mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), saat bersaksi di Pengadilan Tipikor untuk terdakwa Ahmad Fathanah terkait Kasus Dugaan Suap Kuota Daging Sapi Impor.

Sosok Bunda Putri sebelumnya terungkap dalam rekaman percakapan antara LHI, Ridwan Hakim dan Bunda Putri yang disadap KPK Januari 2013. Bunda Putri digambarkan sebagai sosok penting yang bisa mempengaruhi para pengambil kebijakan. Bunda Putri bisa memindahkan para pejabat di kementerian, bahkan, dalam percakapan, bisa membuat lurah pusing.

Terlepas Lufti Hasan Ishak (LHI) berbohong atau tidak, yang pasti ocehannya soal kedekatan  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Bunda Putri telah membuat SBY marah besar.  SBY sangat reaktif, sampai-sampai SBY terlihat sangat emosional setelah mendapatkan informasi dari stafnya saat baru mendarat di Pangkalan TNI Angkatan Udara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis malam (10-10-2013), setelah melakukan lawatan dari Brunei Darussalam.

Informasinya, saat itu juga SBY langsung mencari tahu siapa Bunda Putri. Selama tiga puluh menit SBY meminta informasi dari berbagai pihak. Mulai dari Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabiner Dipo Alam, Sekretaris Pribadi, hingga keluarga. Konon katanya tak ada yang mengaku kenal. Kabarnya informasi juga dikorek dari Menteri Pertanian Suswono dan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan. Dari keduanya didapat info Bunda Putri adalah isteri salah satu dari pejabat Kementerian Pertanian.

Selanjutnya dalam pernyataannya saat temu pers SBY, dengan nada tinggi SBY membantah kenal dengan Bunda Putri. "Bunda Putri orang yang sangat dekat dengan Presiden. 1.000 persen Luthfi bohong. Saya tidak tahu, saya tidak kenal, dan tidak ada kaitan dengan saya," bantah SBY saat jumpa pers di Pangkalan TNI Angkatan Udara.  Kemarahan SBY ditindaklanjuti dengan menginstruksikan kepada aparat terkait untuk mengumpulkan informasi mengenai sosok Bunda Putri, yang nantinya akan diungkap ke publik siapa sebenarnya sosok Bunda Putri

Ada pengakuan yang mengatakan Bunda Putri adalah seorang pengusaha. Bunda Putri disebut isteri dari Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Hasabuddin Ibrahim alias Odeng. Bahkan diinformasikan Bunda Putri adalah putrid salah satu pendiri Golkar. Untuk sementara belum ada kepastian siapa sebenarnya Bunda Putri, kendati soal Bunda Putri senpat menjadi berita aktual. Foto Bunda Putri berdampingan dengan sejumlah pejabat terus beredardi dunia maya dan jadi konsumsi publik melalui media. Herannya sejumlah pejabat dan mantan pejabat yang ada fotonya beredar bersama Bunda Putri, terutama pejabat yang dekat dengan SBY mengaku tak kenal dengan Bunda Putri. Menteri Sekretaris Kabinet Dipo Alam langsung membantah kenal dengan Bunda Putri pasca fotonya berdua dengan Bunda Putri beredar, termasuk  Menteri Perdagangan Gita Wiryawan. Begitu juga mantan Gubernur DKI Jakarta yang saat ini menjabat Ketua Umum Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso, juga mengaku tak kenal dengan Bunda Putri dengan alasan klasik yaitu lupa karena fotonya sudah lama.

Yang terang-terangan mengaku kenal dengan Bunda Putri adalah pejabat dari PKS. Hilmi Imanuddin (Ketua Dewan Syuro PKS). Saat menjadi saksi dipersidangan Kasus Korupsi Dugaan Suap Kuota Daging Sapi Impor dengan terdakwa LHI (21-10-2013), Hilmi mengaku kenal dengan Bunda Putri, dan mengenalnya dengan sebutan Non Saputri. Dan diakui Hilmi bahwa dialah memperkenalkan Bunda Putri dengan LHI dan juga kepada putranya Ridwan Hakim. Menurut Hilmi Bunda Putri suka menceritakan banyak hal kepadanya. Salah satunya soal reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu. Pengakuan Hilmi bahwa hubungannya dengan Bunda Saputri masih berlanjut hingga saat ini, dan dikatakannya Bunda Putri adalah pengusaha senior di Jawa Barat.

Menteri Pertanian Suswono yang juga kader PKS, terus terang mengaku kenal dengan Bunda Putri. Juga saat diperiksa sebagai saksi dalam Kasus Dugaan Suap Kuota Daging Sapi Impor bahkan Suswono mengaku pernah mendatangi rumah Bunda Putri di Pondok Indah Jakarta Selatan, meskipun pengakuannya mendatangai rumah Bunda Putri hanya untuk menanyakan soal adik Wakil Presiden RI Boediono yang pernah dilihatnya bersama Bunda Putri di Kalimantan (foto Bunda Putri dan adik Boedion, Tury Iswari beredar juga di dunia maya). Suswono juga mengakui bahwa Bunda Putri yang diketahuinya sebagai seorang pengusaha dan pemilik pabrik pupuk di Kalimantan Barat. Dan dia Suswono juga pernah mengakui kalau dia pernah mengunjungi pabrik pupuk organik milik Bunda Putri tesebut. Selain itu Suswono sebelumnya juga mengakui pernah melihat Bunda Putri hadir dalam acara PKK dalam rangka Hari Keluarga Nasional yang dihadiri Presiden SBY.

Ridwan Hakim (putra Hilmi Imanuddin) juga mengakui kenal dengan sosok Bunda Putri. Menurut Ridwan, Bunda Putri adalah seorang mentor bisnisnya. Saat Fathanah ditangkap, Ridwan Hakim tengah berada di rumah Bunda Putri, dan saat itu Bunda Putri meminta kepadanya untuk menyambungkan telepon kepada LHI untuk menanyakan soal duduk perkara penangkapan tersebut. Informasinya LHI juga datang ke rumah Bunda Putri setelah mendapat kabar Ahmad Fathabah ditangkap KPK. Tujuan LHI datang ke rumah Bunda Putri untuk menanyakan kebijakan reshuffle cabinet oleh SBY, karena dia khawatir penangkapan oleh KPK bermuatan politis dan hanya untuk menggeser Menteri PKS.

Mantan Menpora yang juga mantan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat Andi Malaranggeng yang sebelumnya merupakan orang dekat SBY, fotonya juga bersama dengan Bunda Putri ikut beredar di dunia maya. Ada dua foto Andi dengan wanita yang diduga Bunda Putri. Pertama ketika Andi sedang bermain catur dan Bunda Putri berdiri dibelakang melihat Andi. Dan foto yang kedua, Andi yang diapit isterinya dan wanita yang diduga Bunda Putri.

Andi malaranggeng tampaknya tak membantah tak mengenal Bunda Putri. Namunmelalui adik Andi yaitu Andi Zulkarnaen Malaranggeng alias Cheol, mengakui keluarga besarnya mengenal Bunda Putri. Namun dia sendiri mengaku lupa dengan nama asli Bunda Putri. Sementara itu, seorang kerabat Bunda Putri yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Andi Malaranggeng pernah datang ke rumah Bunda Putri di Desa Cilimus Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Bantahan  SBY yang mengaku tak mengenal Bunda Putri, sepertinya juga tak bisa dipercaya sepenuhnya. Kendati pihak kepolisian mengklaim sudah mengetahu sosok Bunda Putri, namun SBY melaui Staf Khusu Presiden Bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparingga (Senin, 22-10-2013) dengan tegas mengatakan bahwa pihak kantor presiden tidak akan mengungkap siapa sebenarnya sosok Bunda Putri ke public. Anehnya Daniel berdalih seolah-olah presiden tak pernah berjanji akan mengungkapkan sosok Bunda Putri ke public. Dikatakannya bahwa instruksi presiden kepada aparat terkait untuk mengumpulkan informasi soal sosok Bunda Putri sepenuhnya untuk keperluan internal lingkaran presiden.

Keputusan SBY via pihak istana yang memastikan tak akan mengungkap sosok Bunda Putri ke public menjadi ironi plus tanda tanya besar, mengingat awalnya SBY begitu sewot setelah mengetahi dituding LHI punya hubungan dekat dengan Bunda Putri, dan berjanji akan mengungkapnya ke publik. Tak diungkapnya sosok Bunda Putri oleh SBY memastikan bhawa publik tetap bingung soal benar tidaknya sosok Bunda Putri yang punya hubungan sangat dekat dengan SBY. Selain menilai  tak konsekwen dengan tidak mengungkap sosok Bunda Putri, wajar pula kemudian lebih dominan public berpikir tendensius dan cendengan mencurigai atau menduga kuat Bunda Putri punya hubungan sangat dekat dengan SBY sebagai yang ditudingkan LHI. Pembenaran tuduhan LHI tentang hungan dekat Bunda Putri dengan SBY akan termemori karena tak ada kejelasan soal sosok Bunda Putri.

Dengan kondisi tak ada kejelasan soal sosok Bunda Putri dari pihak SBY, maka indicator (sejumlah pengakuan dan foto-foto Bunda Putri bersama sejumlah pejabat dan mantan pejabat tinggi di negeri ini) tuduhan Bunda Putri adalah sosok yang berpengaruh dan punya hubungan sangat dekat dengan SBY, akhirnya dianggap sebagai petunjuk kea rah pembenaran.

Tentu tak bisa diterima akal, Dipo Alam, Gita Giryawan,t ermasuk Sutiyoso dan sejumlah pejabat yang beredar fotonya bersama Bunda Putri, mengaku tak mengenal Bunda Putri. Rasanya tak masuk akal jika seorang Menteri bisa berfoto dengan orang tak dikenal dan tak masuk akal pula orang biasa atau orang yang tak berpengaruh bisa berfoto dengan sejumlah menteri atau pejabat tinggi.

Beredarnya foto Bunda Putri bersama sejumlah menteri dan mantan pejabat tinggi (yang saat berfoto dipastikan masih jadi pejabat), ditambah lagi adanya pengakuan kalau Bunda Putri pernah dikunjungi pejabat tinggi di kediamannya, justru menguatkan dugaan penalaran bahwa Bunda Putri adalah orang yang berpengaruh dan dekat dengan pusat kekuasaan dalan hal ini dengan Presiden SBY. Kendati tak bisa dibuktikan secara formil, bahw aBunda Putri orang yang sangat dekat dengan SBY, namun wajar munculberagam rasa curiga yang kuat kalau Bunda Putri memang Bunda Putri sangat dekat dengan SBY. Pengertian sangat dekat bisa saja punya hubungan khusus (special). Wajar pula jika dinilai SBY bersandiwara pura-pura marah saat mengetahui LHI mengungkapkan adanya huubungan sangat dekat antara Bunda Putri dengan dirinya. Sejumlah kalanganpun mencurigai kebenaran bantahan SBY atas ungkapan LHI soal hubungan SBY dengan Bunda Putri.

Jika SBY memang benar-benar tak ada hubungan dengan Bunda Putri, tentu SBY harus mengungkapkan sosok Bunda Putri ke public. Dapat dipastikan, sedikitpun tak ada bebab SBY untuk mengunkapkannya jika memang benar-benar tak ada hubungannya dengan Bunda Putri. Sangat mengherankan kenapa seorang SBY yang berkapasitas sebagai pemimpin tertinggi di republik ini, rela nama baiknya tercemar oleh tudingan LHI tanpa ada pembuktian. Padahal, karena menyangkut nama baik SBY sebagai presiden dan sebagai pribadi, sepantasnya tudingan LSH itu di clearkan oleh SBY sampai tuntas. Sebab sudah dipastikan dengan tak diungkapnya sosok Bunda Putri, maka SBY akan tetap jadi sasaran penilaian negatif oleh publik dan tuduhan LHI dianggap menjadi kebenaran.

Konsekwensi dari tak diungkapnya sosok Bunda Putri, yakni SBY harus bisa terima jika penilaian yang lebih ekstrim akan muncul seputar tuduhan hubungan sangat dekat Bunda Putri dengan SBY. Bisa-bisa saja atau bukan tak mungkin sekarang ini telah terbersit dan tertanam pemikiran jika hubungan sangat dekat Bunda Putri dan SBY termasuk pula hubungan beraroma “Perselingluhan”

Salahkah muncul dan tersirat penilaian yang menduga adanya aroma hubungan “perse;ingkuhan” dibalik tudingan soal hubungan sangat dekat Bunda Putri dengan SBY ?

Tak salah jika hubungan sangat dekat Bunda Putri dengan SBY diintrepretasikan adanya hubungan “perselingkuhan”. Penilaian seperti itu tentu didasarkan pemahaman yang sangat sederhana. Tak mungkin Bunda Putri mempunyai pengaruh sebagaimana diungkapkan LHI, jika tidak ada hubungan spesial dengan SBY. Tak logika pula jika pejabat tinggi mau berkomunikasi dengan Bunda Putri, jika Bunda Putri bukan orang yang berpengaruh dan tidak punya hubungan yang sangat dekat dengan SBY. Dasar penilaian yang demikian muncul sebab SBY melalui pihak istana kepresidenan dengan tegas tak mau mengungkap sosok Bunda Putri kepada publik.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Running Teks ANTARA


Berita Terkini dari ANTARA