Jumat, 11 Maret 2011

Manfaat Fasillitas Brimob Siantar Bagi Masyarakat (bagian ketiga/habis)


Manfaat Fasillitas Brimob Siantar Bagi Masyarakat (bagian ketiga/habis)

Kepedulian Dan Keiklasan Pak Komandan

Laporan : M Alinapiah Simbolon

Sikap keterbukaan yang diterapkan oleh AKP Haryono, selama memimpin komando Sub Detasemen Brimob tersevut, membuat pandangan masyarakat terhadap Markas Brimob Siantar menjadi lebih positif. Dan fasilitas yang ada Markas Brimob itu pun sekarang jadi pilihan alternatif masyarakat sebagai tempat menggelar kegiatan.

Tidak hanya klub olah raga, beberapa kalangan baik dari lembaga pemerintahan, lembaga swasta maupun berbagai organisasi diantaranya organisasi sosial, pendidikan sampai lembaga keagamaan, menjadikan fasiliatas yang ada di Brimob sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan. Tak tanggung tanggung, berbagai kegiatan kemasyarakatan menjadi acara rutinitas di markas Brimob itu. Hari-hari besar keagamaan, pagelaran musik, dan berbagai kegiatan sosial acap kali berlangsung di tempat yang situasinya memang asri tersebut.

Kalangan pelajar juga tak ketinggalan menggelar kegiatan, dan itu terlihat berbagai kegiatan pelajar juga kerap digelar di tempat itu, diantaranya kegiatan pramuka, latihan SAR sampai dengan even turnamen olah raga antar sekolah.

Selain itu, kalangan internal yaitu para keluarga yang tinggal di markas Brimob itu pun sekarang ini tampak aktif menggunakan fasilitas yang ada. Kegiatan olah raga diantaranya kegiatan Bola Volli dan Senam serta latihan tari tampak rutin dilakukan oleh kalangan isteri personil Brimob. Malah kegiatan pertandingan Volli antar instansi rutin digelar.

Semua itu terkondisi karena sentuhan humanis yang dilakukan oleh AKP Haryono selama memimpin Markas Subden Brimob 2 B Siantar. Sikap familier dan kepedulian yang melekat pada sosok AKP Haryono, membuat berbagai kalangan masyarakat luar markas Brimob tersebut, merasa akrab dengan Brimob.

Apalagi kebutuhan kalangan masyarakat akan fasilitas umum untuk menggelar kegiatan di kota Siantar sudah sangat minim, membuat fasilitas yang ada di Brimob khususnya lapangan menjadi pilihan alternatif, apalagi AKP Haryono selaku Komandan Subden Brimob 2 B termasuk seorang komandan yang welcome dan mendukung setiap kegiatan yang digelar di markasnya. Lihat aja seperti Stadion Sang Naualuh, yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Siantar, ternyata beberapa tahun belakangan tak bisa lagi dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga atau pun kegiatan lain, karena kondisinya sudah rusak parah dan tak ada kepedulian Pemerintah Kota Siantar untuk memperbaikinya.

“Kita sangat bersyukur, masyarakat Siantar bisa mempergunakan lapangan Brimob. Sebagai warga saya sangat salut dengan pimpinan Brimob karena mengizinkan lapangannya dipakai warga dan, dan kita dengar pun pak komandan itu memberikan fasilitas itu secara gratis. Tak pernah ada pungutan untuk memakai lapangan itu, malah selalu memberikan dukungan setiap ada kegiatan atau pertandingan. Yang jelas kita sangat salut dengan kepedulian Pak Komandan Brimob itu ,” ujar Chairani Br Batubara salah satu orang tua yang anaknya ikut latihan salah satu klub sepak bola yang berlatih ditempat itu.

Kondisi yang sudah terbina selama kepemimpinan AKP Haryono, sampai sekarang ini, tentunya diharapkan banyak kalangan tetap berlangsung kedepan. “ Kupikir tidak hanya kalangan masyarakat yang selama ini banyak terbantu, sudah bisa kita pastikan kalau kalangan internal di markas Brimob ini pun, sangat berharap kondisi seperti yang diterapkan Pak Komandan Brimob sekarang ini, kedepan tetap berlangsung,” ujar Gito salah seorang pelatih klub sepak bola yang bermarkas di lapangan Brimob tersebut.

Menyikapi tanggapan masyarakat atas kondisi positif yang telah dibinanya, AKP Haryono, tak mau dirinya dinilai terlampau berlebihan dan terlampai dipuji.. “Semua yang saya lakukan adalah karena ikhlas. Yang ada di benak saya, yaitu saya sangat ingin fasilitas yang ada bermanfaat bagi masyarakat dan berguna bagi anak-anak yang tinggal disini. Saya juga sangat bersyukur kalangan yang menggunakan lapangan ini, juga merasa memiliki, dan saya melihat mereka juga ikut memelihara kebersihannya,” ujarnya. (Habis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Running Teks ANTARA


Berita Terkini dari ANTARA